Breaking News

DINAS PERHUBUNGAN KOTA PALANGKA RAYA LAKUKAN PENGAWASAN, PENGENDALIAN DAN PENERTIBAN PARKIR DI TEPI JALAN UMUM

Palangka Raya – Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya melaksanakan Pengawasan, Pengendalian dan Penertiban Parkir di Tepi Jalan Umum Tahun 2019 dilaksanakan selama 5 (lima) hari pada tanggal 9, 10, 11, 14, dan 17 November 2019, namun kegiatan baru dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, yaitu dari tanggal 9 November 2019 s/d 11 November 2019 dan dilanjutkan kembali pada tanggal 14 November 2019 dan 17 November 2019, dengan melibatkan personil gabungan dari TNI, Polri, Sat Pol PP, Diskominfo dan Media Pers Kota Palangka Raya.

Kegiatan tersebut dimulai dengan melakukan razia juru parkir liar yang tidak memiliki surat izin retribusi parkir di tepi jalan umum. Kegiatan pada tanggal 9 November 2019 dilakukan pada lokasi parkir Jalan S. Parman Taman Pasuk Kameloh, Jalan Kini Balu Lokasi Neo Palma, Jalan Yos Sudarso dari Hypermart sampai dengan Rumah Makan Warung Wakaka dan Jalan Yos Sudarso depan Pujasera/TVRI. Kegiatan pada tanggal 10 November 2019 dilakukan pada lokasi parkir Pasar Malam Komp. Bumi Palangka II Jalan Tjilik Riwut Km. 7, Jalan Rajawali (Pasar Rajawali), Jalan Ahmad Yani Lokasi Pom Bensin Pasar Belauran dan Pasar Malam Jalan Pilau Ujung. Kegiatan pada tanggal 11 November 2019 dilakukan pada lokasi parkir Pasar Besar Jalan Sumatera, Pasar Besar Jalan Jawa dan Pasar Besar Jalan Halmahera.

Pengawasan, Pengendalian dan Penertiban Parkir di Tepi Jalan Umum bertujuan menertibkan juru parkir liar agar dapat mengurus surat kontrak parkir dengan pihak Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya, menertibkan juru parkir agar menarik pungutan retribusi parkir sesuai Perda Kota Palangka Raya Nomor 3 Tahun 2018 tentang Retribusi Daerah dengan besaran tarif (motor = Rp. 2000,  mobil = Rp. 3000, truck/bus/mobil box = Rp. 6.000, truck gandeng/koentainer = Rp. 10.000), menertibkan pengelola atau juru parkir yang menunggak agar membayar retribusi parkir tepat waktu, menertibkan dan mengarahkan para juru parkir yang telah memiliki Surat Izin Retribusi Parkir di Tepi Jalan Umum untuk mematuhi peraturan perlengkapan perparkiran baik berupa rompi, topi dan kartu tanda anggota juru parkir, serta melalui retribusi parkir khususnya di tepi jalan umum bisa lebih meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*