Breaking News

PETUGAS DISHUB MELAKUKAN PENARIKAN RETRIBUSI PARKIR

Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya secara rutin menarik retribusi pengguna bahu jalan.

Tarikan retribusi ini ditujukan kepada para pedagang yang memanfaatkan tepi jalan untuk area parkir atau berjualan.

“Setiap aktifitas yang menggunakan bandan jalan bahu jalan atau merubah alih fungsi jalan tersebut wajib membayar retribusi parkir sesuai dengan Perda kota palangka raya nomor 03 tahun 2018 tentang restribusi daerah,” kata Kepala Dinas Kota Palangka Raya Alman P. Pakpahan, Selasa (5/1).
Menurut data yang dihimpun, besaran tarif yang disematkan bagi pedagang berkisar antara Rp1.000 hingga Rp.10 ribu. Pembayaran retribusi parkir dibayarkan ke kas daerah Kota Palangka Raya nomor rekening (resmi) melalui petugas Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya yang akan datang melakukan penarikan restribusi.

“Kami melakukan upaya tata kelola parkir dalm rangka peningakatan pendapatan asli daerah (PAD) untuk optimalisasi pembangunan Kota Cantik Palangka Raya secara berkelanjutan,” ujar Alman.

Menurut mantan Inspektorat Kota Palangka Raya tersebut, selama ini pemerintah belum mengoptimalisasi pungutan resmi tersebut. Padahal aturanya sudah ada dan jelas. Karena hal tersebut PAD yang masuk dinilai kurang maksimal.

Ia melanjutkan, langkah ini sehubungan dengan hasil pengawasan parkir yang telah dilakukan oleh pihaknya. Mengingat upaya meningkatkan PAD.

About dishub

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.