Breaking News

Walikota resmi meluncurkan Aplikasi Si- Takir ( Sistem Penataan Parkir)

Hari ini Kamis (17/11) bertempat di Aula Peteng Karuhei II Walikota Palangka Raya Fairid Naparin meresmikan Peluncuran Inovasi Daerah Aplikasi Si- Takir ( Sistem Penataan Parkir) dari Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya dihadiri oleh Unsur Forkopimda, Plt. Kadishub Provinsi Kalteng, Kepala BPTD XVI Kalteng, Kepala Perangkat Daerah dan perwakilan Pengelola Parkir/Jukir. dalam laporan kepada Walikota Kadishub Alman P.Pakpahan memaparkan “permasalahan-permasalahan yang timbul dalam pengelolaaan Parkir, dari 5 tahun belakang yaitu tahun 2019, 2018, 2017, dan 2016 mengalami stagnan dan persoalan yang sangat kompleks ditandai dengan belum adanya database parkir, inilah yang mendorong kami melakukan pembenahan sehingga pada Tahun 2020 Target PAD Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum pada Tahun 2020 sebesar Rp. 712. 778.080,- dan Realisasi Penerimaan PAD pada Tahun 2020 sebesar Rp. 1.020.539.280 pesentasi kenaikan sebesar 170%, target PAD Tahun 2021 sebesar Rp. 1.000.000.000,- hingga minggu ke-2 (Dua) bulan November Tahun 2021 sudah mencapai Rp. 1.258.758.180), persentase kenaikan 125,88%” Ujar Kadishub. Selanjutnya dalam sambutannya Walikota menyambut baik peluncuran aplikasi Si-Takir sebagai upaya Untuk menjawab permasalahan tata Kelola parkir, Dinas Perhubungan telah membangun inovasi daerah yang diberi nama Si-TaKir akronium dari Sistem Penataan Parkir Yang Berbasis IT.
yang bertujuan untuk :
1. Pengelolaan Parkir yang transparan dan akuntable;
2. Meminimalisir adanya jukir liar;
3. Masyarakat turut serta mengawasi pengelolaan parkir dengan adanya konten pengaduan masyarakat yang disediakan pada aplikasi dimaksud;
4. Estimasi persepsi titik parkir
5. Optimalisasi peningkatan PAD;
6. Pengawasan dan controlling yang optimal kepada pengelola/jukir;
Dinas Perhubungan telah melakukan terobosan-terobosan dan upaya yang mendasar bagaimana menata parkir agar tertib, aman dan nyaman terbukti sengkarut penataan parkir tereduksi hingga pada saat ini membuat target PAD meningkat signifikan,” saya berharap agar perangkat daerah lainnya juga mengembangkan inovasi untuk mendukung optimalisasi pelayanan kepada masyarakat, database yang terintegrasi, dan kemudahan-kemudahan lainnya untuk mendukung smart city, selanjutnya Walikota dengan resmi meluncurkan aplikasi Si-Takir yang dilanjutkan dengan menyematkan name tag kepada Jukir serta melakukan test aplikasi dengan memindai barcode pada name tag jukir, dan terlihat nama pengelola, lokasi parkir secara lengkap, maka resmilah aplikasi Si-Takir diluncurkan pada 17 Nopember 2021 (brt)

 

About dishub

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.